Louser Lift, Karya Anak Bangsa yang Mendunia


Penampakan stand flyer Louser Lift di booth pamer PT. Louserindo. (dok pribadi)
Penampakan stand flyer Louser Lift di booth pamer PT. Louserindo. (dok pribadi)

Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2015 di Surabaya yang digelar di Grand City Convention and Ballroom telah berlalu. Namun gemanya pasti akan tetap dirasakan oleh para pemilik stand pameran yang telah digelar 6-9 Agustus 2015 kemarin. Apalagi bagi mereka yang telah menorehkan catatan manis dengan mengedukasi para pengunjungnya. Tentu saja disamping deal bisnis yang akan menyertainya.

Pun bagi saya sebagai salah satu pengunjung booth/stan yang berjumlah sekitar 156 itu. Berbagai macam kelompok industri yang diperkenalkan. Mulai dari yang sama sekali belum dikenal (rintisan) hingga yang sudah terkenal semua saling berinteraksi. Dari yang berskala modal ratusan ribu hingga milyaran, semua menunjukkan kesiapan serta kemampuan daya jual dan daya saing dengan produk-produk sejenis dari luar negeri.

Tak terkecuali salah satu stan yang berhasil mencuri perhatian saya. Stan bernomor 52: Louser Lift (PT. Louserindo Megah Permai) yang berada di sudut tenggara ruang pamer. Sekilas tak ada yang menarik dari stan tersebut. Sebab pengunjung hanya melihat stand flyer yang berisi gambar-gambar saja. Mungkin ke depannya akan lebih baik lagi jika dibuat miniatur produk yang bisa disimulasikan (dioperasionalkan). Sehingga pengunjung akan lebih tertarik dengan seksama produk unggulan yang cukup luar biasa ini.

Flyer bicara: beberapa hasil karya unggulan. (dok pribadi)
Flyer bicara: beberapa hasil karya unggulan. (dok pribadi)

Lho, kenapa saya katakan produk unggulan luar biasa? 

Ini alasannya saya. Lift maupun eskalator, saya pikir bahwa produk tersebut merupakan produk impor. Padahal hal tersebut sepenuhnya tidak benar. Memang benar, jika 20 atau 10 tahun yang lalu, produk tersebut memang banyak diimpor. Namun hal itu saat ini tdak sepenuhnya seperti itu.

Kondisi tersebut berubah 180 derajat saat sebuah perusahaan nasional PMDN mampu berbicara dengan karya yang berteknologi tinggi. Louser Lift,  berhasil membuktikan diri sebagai perusahaan yang handal dalam memproduksi berbagai macam lift dan eskalator di Indonesia. 1987 menjadi tahun yang penting dimana di tahun tersebut Louserindo berdiri. Produk pertamanya adalah berupa lift barang. Namun mulai tahun 1991 sudah mampu untuk membuat lift penumpang.

20 tahun kemudian, tepatnya di tahun 2011 menjadi momen bersejarah meningkatkan kemampuan produksi dengan memoderinasasi mesin produksi menggunakan teknologi penuh CNC (Computer Numerical Control). Perusahaan dengan Dirutnya Drs. Benyamin, BE. ini telah melayani ribuan perusahaan. Baik dalam penyediaan lift maupun elevator, perawatan maupun penggantian sebagian peralatan elevator lama (moderinisasi).

Total unit terpasang di tahun 2013 telah mencapai 2000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Belum lagi ekspor yang telah dilakukan ke Singapura, Malaysia, dan Timor Leste. Dengan memanfaatkan kandukan lokal 54% saat ini, bertekad untuk bisa mencapai 80% sampai dengan 5 tahun ke depan. Tentu saja melihat catatan cantik perusahaan anak bangsa ini sungguh bukan sesuatu yang sulit untuk mencapainya.

Louser hospital lift (painted/plastic laminated). (dok perusahaan)
Louser hospital lift (painted/plastic laminated). (dok perusahaan)
Louser hospital lift tipe deluxe design (stainless steel). (dok perusahaan)
Louser hospital lift tipe deluxe design (stainless steel). (dok perusahaan)
Passenger lift. (dok perusahaan)
Passenger lift. (dok perusahaan)
Home lift. (dok perusahaan)
Home lift. (dok perusahaan)
Dumbwaiter (lift barang) dg fitur canggih dan desain yang menarik. (dok perusahaan)
Dumbwaiter (lift barang) dg fitur canggih dan desain yang menarik. (dok perusahaan)

Berbagai macam produk elevator (lift), eskalator, dumbwaiter, dan gondola yang telah dihasilkan. Sebagai gambaran, sampai dengan tahun 2015 merk LOUSER telah menjadi raja di negeri sendiri. Dengan varian produk meliputi:

  1. Dumbwaiter pada 187 lokasi.
  2. Bed Elevator pada 87 lokasi.
  3. Hydraulic Elevator pada 8 lokasi.
  4. Passenger Elevator pada 473 lokasi.
  5. Freight Elevator pada 68 lokasi.
  6. Escalator Jec Louser pada 42 lokasi.
  7. Moderenisasi Elevator pada 103 lokasi.
  8. Maintenance Elevator dan Escalator pada 336 lokasi.

loser eskalator

Oh ya, PT. LMP melayani berbagai macam pengerjaan lift maupun eskalator. Mulai dari penyediaan unit baru, perawatan (pemeriksaan, perawatan, serta penyediaan suku cadang), dan moderinasasi.  Untuk layanan yang terakhir, moderenisasi saat ini cukup memperoleh sambutan dari pelanggan. Mereka percaya bahwa Louser Lift sebagai perusahaan nasional, akan mampu memberikan layanan yang lebih baik.

louser travolator

Kapasitas daya angkut mulai dari 50 kg. hingga 4000 kg. untuk lift (elevator) seperti yang dipasang di Gedung Mulia Glass Cikarang. Sementara ketinggian yang telah dicapai hingga 21 lantai seperti yang telah terpasang di Rusunami Kemayoran tahap 2 di Jakarta. Sementara untuk eskalator mulai dari 2800 MM hingga 6000 MM seperti yang telah terpasang di Hero Medan dan Plaza Kediri. Semua itu tentu membutuhkan satu proses panjang yang pantang menyerah. Proses panjang yang dibuat oleh anak bangsa yang cerdas, kreatif, serta berdedikasi tinggi untuk menghasilkan karya unggul berkelas internasional.

Louser hospital lift 2 pintu. (dok perusahaan)
Louser hospital lift 2 pintu. (dok perusahaan)

Sebagaimana saat saya menyampaikan rasa ketertarikan produk tersebut untuk lift pasien rumah sakit. Kebetulan, rumah sakit tempat saya bernaung sedang mencari referensi untuk pembuatan bed lift. Dengan cekatan, saya pun diberi perkiraan nilai rupiah yang harus dipersiapkan untuk unit, instalasi, dan pemeliharaannya. Angka yang cukup membuat saya terperangah. Sebab hampir separuh lebih murah nilainya dibandingkan sebuah merek lift impor yang pernah diajukan. Fantastis, pikir saya. Sebuah produk anak negeri yang mampu disejajarkan dengan produk impor.

Di tangan Louser Lift, inovasi terus dilakukan sebagai konsekuensi teknologi yang selalu berkembang. Kemajuan teknologi yang menuntut semakin efektif dan efisien bagi kemajuan dunia usaha. Kemampuan menangkap kebutuhan pasar ini rupanya tak disia-siakan. Sehingga produk-produk inovatif selalu diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional khususnya, pasar regional dan internasional pada umumnya. Ke depannya, kita yakin bahwa Louser Lift akan lebih banyak bicara di industri manufaktur lift dan eskalator dunia.

.

Iklan

10 thoughts on “Louser Lift, Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s