Meski Kecil, Tapi Kami Mampu Berbagi


bright7
Mengajarkan bersedekah sedari kecil. (dok. pribadi)

Mengajarkan anak untuk bersedekah, tentu bukanlah hal yang mudah. Sebab untuk mengawali, orangtualah yang seharusnya memberikan contoh. Hal ini sebagaimana ungkapan Dokter Hermawan, saat mengajak ketiga anaknya untuk mengikuti acara Donasi Peduli Palestina di Masjid Al-Muqorrobin (14/6) kemarin. Mengajak mereka untuk berdonasi bagi saudara mereka di Palestina.

Celengan kesayangan mereka pun, akhirnya dengan senang hati dititipkan kepada Sahabat Al-Aqsa. Hal yang sama juga pernah mereka lakukan. Saat tahun 2015 yang lalu di masjid yang sama, mereka donasikan celengan mereka untuk Donasi Peduli Suriah. Meski si kecil yang masih berusia lima tahun sempat ‘protes’. Maklumlah, dia berpikir, mengapa benda kesayangannya kok diserahkan ke orang lain.

Untuk memberikan semangat, Syaikh Abdurrahman Al-Waqfi salah satu mufti muda Palestina yang hadir sebagai nara sumber mengajak keluarga dokter muda ini untuk foto bersama. Satu kesempatan yang langka. Sebab jarang sekali para imam tersebut mau berfoto bersama. Bahkan anak-anak ini pun sempat diajak berbincang sejenak. Beliau menanyakan, apakah tidak berkeberatan jika uangnya diperuntukkan untuk saudaranya di Palestina? Si sulung menjawab dengan lugas bahwa celengan mereka memang diperuntukkan untuk sedekah. Kalau sedekahnya sedikit, terasa kurang mantap. Jawaban tersebut sempat membuat Syaikh Abdurrahman tertawa.

Bagi saya, hal tersebut tak mengherankan. Karena orangtua mereka adalah donatur tetap di masjid dan panti asuhan kami. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

 


Jumlah kata pos adalah 210 kata. 100% tulisan asli sesuai plagiarism checker.

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid”

bright5

Iklan

2 thoughts on “Meski Kecil, Tapi Kami Mampu Berbagi

  1. Saya sudah datang ke sini dan membaca tulisan ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut meramaikan Lomba Menulis : 1001 Kisah Masjid di blog saya
    Semoga sukses.

    Salam saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s