Tips Dan Info Wisata Murah Ke Flores


12
Mejeng bareng Asita DK dan audiens. (dok. Rhere Aslaka)

Asita DK, siapa sih para pecinta jalan-jalan yang tak kenal beliau? Mantan Wartawati harian Kompas dan Tabloid NOVA ini cukup kenyang pengalaman menulis kisah perjalanan. Buku ‘Menyambut Pagi di Bromo, Melepas Penat di Raja Ampat‘ (Gramedia: 2013) menjadi buku perjalanan pertama selepas masa pensiun. Satu buku perjalanan saja rupanya belum memuaskan dahaga beliau untuk menulis buku perjalanan kembali.

Asita Djojo Koesoemo, demikian nama panjangnya. Perempuan kelahiran Jember ini akan segera menerbitkan sebuah perjalanan lagi. “Tips Cara Murah Traveling Ke Flores“, buku traveling ke-duanya yang sedang dalam proses produksi. Untuk menggelitik rasa penasaran para pecinta traveling nusantara, beliau sudah dua kali menggelar acara bedah buku. Lebih tepatnya disebut dengan ‘Pre-Launching’. Tentu saja tips dan info wisata murah ke Flores ini akan menjadi buruan. Maklumlah, Labuan Bajo dan Pulau Komodo saat ini tengah booming menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Baik wisatawan domestik maupun manca negara.

Kali ini bertempat di Kedai Kreasi, Ruko Lotus Regency Surabaya acara dilangsungkan (8/1). Dihadiri oleh sekitar 25 orang pecinta traveling dan fotografi, acara selama 3 jam pun menjadi tak terasa. Dimoderatori oleh Syarif Wadja Bae, seorang fotografer profesional sekaligus putra asli Flores. Penampilan Asita DK yang ‘easy going’ membuat acara berbagi pengalaman ini menjadi gayeng.

Ada beberapa tips dan info wisata yang selama ini mungkin sudah ‘dihapalkan’ oleh para traveler. Tapi tetap menarik disajikan oleh beliau. Sebab setiap tempat tujuan, secara khusus pasti akan ada tips dan info yang berbeda. Secara umum, tips yang ditekankan untuk para traveler antara lain adalah:

  1. Gali informasi sebanyak mungkin daerah tujuan dari mesin pencari di internet.
  2. Jika memungkinkan, gali informasi dari penduduk daerah tujuan yang tinggal dekat dengan Anda. Atau telah menjalin kontak dengan Anda. Hal ini saat ini menjadi keniscayaan, sebab kemajuan teknologi akhirnya bisa menghubungkan para traveler daerah satu dengan daerah lain. Bahkan bisa menghubungkan traveler negara satu dengan negara lain.
  3. Pastikan Anda sudah tentukan moda transportasi untuk menuju daerah tujuan atau paling dekat dengan daerah tujuan. Hal ini untuk memastikan prakiraan biaya yang dibutuhkan untuk biaya transportasi.
  4. Pastikan titik-titik yang akan menjadi daerah transit sampai dengan daerah tujuan. Hal ini bertujuan untuk menentukan kapan Anda bermalam atau menentukan biaya penginapan/hotel.
  5. Jika memungkin dan Anda merasa nyaman, cari teman seperjalanan yang memungkinkan untuk bisa berbagi ongkos. Misal ongkos untuk carter kendaraan, perahu, atau penginapan. Ini bisa dilakukan mulai dari titik keberangkatan atau diperoleh secara insidental.
13
Asita DK dan panitia. (dok. Asita DK.)

 

Sementara tips secara khusus yang mungkin harus Anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Kenali peraturan adat di daerah mana yang Anda akan disinggahi. Sehingga tidak akan sampai terjadi, Anda menjadi orang yang melanggar adat. Pelanggar adat tentu akan dikenai hukuman sesuai ketentuan yang berlaku. Bayangkan jika Anda berniat untuk bersenang-senang, namun gara-gara melanggar satu aturan adat tertentu Anda dipaksa untuk dihukum. Jadi runyam kan perjalanan Anda?
  2. Usahakan Anda mengenal sedikit bahasa daerah yang Anda tuju. Ini akan memudahkan Anda untuk lebih familiar dengan penduduk setempat. Ujung-ujungnya tentu saja Anda akan memperoleh kemudahan hasil dari keakraban tersebut. Namun khusus untuk penduduk di sekitar Pulau Flores, dikenal sangat ramah dan suka menolong kepada para tamu. Ini yang membuat Asita DK cukup enjoy dengan perjalanannya. Tersesat jalan pun akhirnya malah banyak memperoleh teman baru.

Eksplorasi ke Pulau Flores menurut penuturan beliau harus memperhatikan berapa hari dan berapa tempat yang akan menjadi tujuan Anda. Beliau membuat rute perjalanan yang mudah agar dapat secara berurutan menuju tempat-tempat tersebut.

  1. Ende ada Bukit Cinta untuk melihat matahari terbit dan matahari tenggelam. Komplek Museum Soekarno terdapat museum, Taman Renungan Soekarno, dan Danau Kelimutu. Ke Ende bulan Januari dan Februari ini menjadi bulan yang serba murah. Wisatawan tidak begitu banyak dibandingkan di bulan-bulan lainnya.
  2. Wae Rebo yang dikenal dengan ‘Kampung Atas Awan’. Desa adat ini berada di Kecamatan Satarmese, Kab. Manggarai Barat. Di sini Anda pun bisa berbelanja kain tenun khas Flores yang harganya dari puluhan ribu hingga jutaan.
  3. Labuan Bajo. Di sini kita bisa mengunjungi Gua Batu Cermin, Air Terjun Cunca Rami.
  4. Tujuan akhir adalah mengelilingi Pulau Komodo. Dengan menyewa jetboat, Anda bisa mengeliling perairan sekitar Pulau Komodo dan dapat mengeksplor komodo itu sendiri.
11
Dari kiri ke kanan, saya, Asita DK, Tamita, dan Wibisono. (dok. Asita DK)

Demikian tips dan info wisata ke Flores yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita. Dengan modal 2 juta hingga 4 juta, kita pastikan akan lebih aman dan nyaman untuk menjelajahi destinasi wisata yang telah kita rencanakan.

Eits…terus untuk rincian biayanya berapa besar?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita tunggu buku terbitan Asita DK yang terbaru tersebut. Yang ini, asli akhirnya bikin penasaran. Hihihi….

 

 

Iklan

5 thoughts on “Tips Dan Info Wisata Murah Ke Flores

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s