Soto Dok Mbah Saolan, Sotonya Arek Mojokerto


Terkenal sejak tahun 1953. (dok. pribadi)
Terkenal sejak tahun 1953. (dok. pribadi)

Kali ini kita mencoba salah satu tempat kuliner di Mojokerto, Jawa Timur. Sebuah warung yang sederhana namun sudah sangat dikenal oleh para pejabat di Mojokerto. Bahkan banyak pejabat tingkat provinsi tak segan mampir di sini. Mojokerto, kota tempat situs peninggalan kerajaan Majapahit berada. Warung yang sudah dirintis sejak tahun 1953 oleh pendiri sekaligus ownernya. SOTO DOKdemikian nama kerennya.

 

Terletak di pinggir jalan raya Dlanggu – Kutorejo. 400 meter sebelah timur Pasar Dlanggu Mojokerto. Tepat di sisi kanan jalan. Jika dari arah Kota Mojosari Mojokerto, berada di sebaliknya, yaitu di sisi kiri jalan. Dengan lahan parkir yang cukup lumayan luas. Selain di dalam halaman, kendaraan bisa diparkir di pinggir jalan tentunya. Nah, kalau Anda mau ke tempat wisata di Pacet, tak ada salahnya untuk mencicipi menu khasnya.

Soto dengan cita rasa klasik yang akan berbeda sensasinya dibandingkan soto yang lain. Perpaduan unik rasa soto Lamongan, soto Madura serta Majapahitan. Bumbu, nasi, serta kuah berlimpah menjadi sajian uniknya. Meskipun Anda biasa manyantap dengan porsi mini, saya pastikan akan tuntas mengeksekusi hidangan di sini. Bahkan jika perut sedang kosong, 2 piring pun tak akan terasa mampir di perut. He…he…he…

Soto Dok andalan yang tak boleh dilewatkan. (dok. pribadi)
Soto Dok andalan yang tak boleh dilewatkan. (dok. pribadi)

Dibanderol mulai harga 5 ribu (tanpa lauk) hingga 25 ribu (dengan 3 macam lauk). Tapi berhubung saya adalah pemuda yang sopan, weisss…saya pilih 2 macam lauk saja. Empal yang cukup lunak dan empuk, serta kebuk (dinding hati sapi) yang nyam-nyam. Untuk menu pilihan saya tersebut, cukup 20 ribu saja harga yang dibanderol. 5 bintang saya sematkan untuk citarasa (5/5).

Menu rawonnya juga tak kalah okay lho. (dok pribadi)
Menu rawonnya juga tak kalah okay lho. (dok pribadi)

Untuk alternatif pilihan menu. Anda bisa pilih RAWON yang lumayan cihuy juga. Meski terpaksa saya harus sematkan 4 bintang untuk citarasa (4/5). Sebab saya lebih menyukai menu SOTO DOKnya. Harga tetap sama. Sebab pilihan lauk saja yang membedakan harga.

Pilihan minuman masih standar warung pada umumnya. Teh atau jeruk panas/hangat/es yang dibandrol 3 ribu dan 5 ribu. Untuk minuman 4 bintang deh (4/5). Citarasa teh cukup sensasional apalagi wedang jeruknya.

Penyajian yg cepat. Awas jangan gagal fokus! (dok. pribadi)
Penyajian yg cepat. Awas jangan gagal fokus! (dok. pribadi)

Penyajiannya cukup cepat meski antre sampai 5-8 orang. Anda bisa langsung tunjuk ini itu untuk lauk di depan penyajinya. 4 bintang saya sematkan untuk layanannya (4/5). Santai dan cukup ramah dalam pelayanan. Jika beruntung Anda bisa bertemu dengan Mbah Saolan, sang owner. Tempat meskipun sederhana khas desa, tapi cukup lumayan dan nyaman (4/5).

Tempatnya cukup leluasa. (dok. pribadi)
Tempatnya cukup leluasa. (dok. pribadi)

Oh ya, bagi Anda yang belum sarapan, cukup pas kiranya jam 7 pagi Anda sudah standby di sini. Sebab jam 6 pagi warung sudah buka. Terus jangan lupa, jangan sampai kesorean ya. Sebab apabila stok menu telah habis, jam 1 siang pun sudah tutup. Jadi…kalau ke Mojokerto, rasanya tak pas jika tak mencicipi menu SOTO DOK ini.

Iklan

2 thoughts on “Soto Dok Mbah Saolan, Sotonya Arek Mojokerto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s