Selamat Untuk LBI 2015


Posisi 12 di akhir klasemen untuk saya.
Posisi 12 di akhir klasemen untuk saya.

Alhamdulillah.

Hanya satu kata itu mungkin yang patut terucap. Liga Blogger Indonesia (LBI) 2015 akhirnya memasuki akhir putara. Tiga bulan, tepatnya 12 minggu liga berjalan. Setelah sebelumnya melewati babak pra-kualifikasi. Acungan jempol untuk penyelenggara, peserta sekaligus sponsor. Tak ketinggalan para pembaca setia blog para peserta.

Seperti diduga sebelumnya. Dalam satu kompetisi menulis blog banyak faktor yang bisa mempengaruhi konsistensi peserta. Seperti terlihat pada hasil klasemen terakhir. Ada bebera catatan menarik yang bisa disimak. Diantara yang menjadi perhatian saya adalah:

  1. 12 blogger (33,3%) yang konsisten untuk main pada tiap pekannya. 12 blogger (33%) yang main ‘hanya’ 9-4 pekan. Sementara 12 blogger (33%) yang main hanya sampai 3 pekan. Bahkan 1 orang blogger pada kelompok terakhir, sama sekali tak bermain.
  2. ‘Hanya’ lima (5) orang (14%) yang main penuh dan memperoleh poin penuh (minus blog walking). 3 orang menempati peringkat 3 teratas (@chikarein, @yuninukti, @didno76). Sementara 2 orang menempati peringkat 9 (@MaschunSofwan) dan peringkat 12 (@nuzululpunya). Nah, yang terakhir itu lah peringkat saya.
  3. Tujuh (7) orang blogger perempuan berada di 12 besar peringkat teratas. Satu (1) orang blogger perempuan berada di 12 besar peringkat terakhir. Konsistensi ternyata masih menjadi milik blogger perempuan.
  4. 19 orang blogger (52,8%) yang memperoleh nilai 2 digit. Sementara 16 orang blogger (44%) memperoleh nilai 1 digit. 1 orang blogger tidak memperoleh nilai.
  5. 18 orang blogger (50%) memperoleh nilai di atas rata-rata (17 poin). 18 orang blogger (50%) memperoleh nilai di bawah rata-rata (17).
  6. 12 orang blogger konsisten main di 12 pekan, dan semuanya masuk 12 besar teratas.
  7. 1 orang blogger di peringkat 12 pada posisi 12 besar teratas, ‘hanya’ menang 4 kali dalam blog walking (@nuzululpunya).

Catatan statistik ‘unik’ tersebut sekaligus sebagai rangkuman kinerja para peserta LBI 2015. Ternyata memang tak mudah untuk ‘menaklukkan’ tantangan di kompetisi ini. Hanya 50% blogger yang sanggup memperoleh nilai di atas rata-rata. Bayangkan jika hal ini terjadi di dalam kelas sekolah. Maka tak pelak 50% siswa yang tak lulus atau naik kelas. Wuidiiihhh….

Namun lepas dari kinerja para peserta yang kurang memuaskan, tetap diacungi jempol untuk 35 peserta yang mencoba untuk fight. Bagi penyelenggara, tentu saja kerja keras sangat diapresiasi. Mencoba konsisten untuk membuka pekan sekaligus membuat rekapitulasi. Tak lupa untuk sponsor yang bersedia berbagi dengan peserta LBI 2015. Sekaligus mendukung suksesnya LBI 2015 kali ini. Selamat dan semoga menjadi motivasi bagi (calon) peserta LBI 2016, tahun depan.

.

#SelamatMalam #SmangatPagi

Iklan

9 thoughts on “Selamat Untuk LBI 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s