Soto Ayam Lamongan Cak Dar yang Mengesankan


Semangkuk penuh yang menggirahkan. (dok. pribadi)
Semangkuk penuh yang menggirahkan. (dok. pribadi)

Malam belum terlalu larut. Tapi rupanya perut sudah tak mau kompromi lagi. Padahal sore tadi makan siang (yang kesorean) sekitar pukul 16.30 Wib. Maklumlah, mengejar pekerjaan agar cepat selesai, ritme makan pun menjadi amburadul.

Aku pacu motorku untuk segera menemukan makan malam favoritku. Mengingat tanggal tua, maka selayaknya kuliner kaki lima (K5) menjadi pilihannya. Meski K5, tetap tak mengurangi pertimbangan rasa makanan serta kebersihan tempatnya lho. Pilihan aku jatuhkan ke lapaknya Soto Ayam Lamongan Cak Dar.

Tinggal mengingat kelambu kuning ini saja deh. 9dok. pribadi)
Tinggal mengingat kelambu kuning ini saja deh. 9dok. pribadi)

Rombong sotonya tepat berada hanya 50 meteran sebelum perempatan Jl. Semarang – Pasar Turi. Berada di tepi jalan sisi barat jika dari arah depan Stasiun Pasar Turi. Atau kira-kira 150 meter arah utara gerbang Stasiun KA Pasar Turi Surabaya. Cukup mudah ditemukan, sebab lapaknya berdempetan dengan lapaknya Cak Buddy yang berjualan nasi rawon dkk.

Alhamdulillah, meski waktu menunjukkan jam 22.15, sotonya masih ada. Buka mulai jam 17.00 sore, kadang tutup cepat bila stoknya sudah habis. Maklumlah, rasa nasi sotonya lumayan enak. Tak begitu terasa penyedap rasanya. Beliau senderi mengaku lebih suka menggunakan penyedap rasa alami dibandingkan vetsin atau lainnya.

Standarnya cukup asin. Jadi gak perlu tambah garam deh. (dok. pribadi)
Standarnya cukup asin. Jadi gak perlu tambah garam deh. (dok. pribadi)

Dengan harga hanya 10 ribu rupiah seporsi, terasa sudah cukup mengenyangkan bagi saya. Ukuran mangkuk yang dibuat cukup gede. Isinya pun cukup penuh. Nasi pera dan kuah soto hangat yang bening adalah kesukaan saya. Kuah yang tak terlalu banyak mengandung lemak.

Irisan ayam kampung cukup banyak dan tebal-tebal. Koya yang bisa minta tambah jika merasa kurang. Bihun disajikan dengan tekstur yang lembut. Tidak keras atau terlalu lembek. Sambel bagi yang suka pedas boleh mengambil sepuasnya. Plus kecap bagi yang suka manis juga disediakan.

Meski terlihat  kalem, cukup cepat juga penyajiannya. (dok. pribadi)
Meski terlihat kalem, cukup cepat juga penyajiannya. (dok. pribadi)

Penyajian yang cukup cepat, tak lebih dari 10 menit. Meski saat itu ada 2 orang lain yang bersamaan dengan saya. Untuk minuman, hanya menyediakan teh hangat saja. Harganya pun cukup 2 ribu saja. Jika menginginkan minuman macam-macam, bisa memesan di lapak sebelahnya. Lapak miliki Cak Buddy yang menyediakan berbagai minuman. Entahlah, mungkin sebelumnya sudah janjian kali.

Oh ya, Cak Dar ini kebetulan juga rumahnya dekat dengan rumah mertua. Tepatnya dari Karangbinangun Lamongan. Makanya, karena ada unsur KKN atau bagaimana, sehingga kalau melayani saya, isi mangkuk sampai hampir tumpah. Melimpah ruah. Hihihihi….

Yups, saya pikir soto ayam khas Lamongan ini sangat direkomendasikan deh. Meski K5, untuk kebersihan patut saya acungi jempol deh. Melayaninya pun dengan ramah dan cepat.

Iklan

One thought on “Soto Ayam Lamongan Cak Dar yang Mengesankan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s