Jalan-Jalan Bersama Blog Machinami


Header blog machinami dot biz. (dok. capture blog)
Header blog machinami dot biz. (dok. capture blog)

Mengusung sebuah tema unik, blog  まちなみ。びz  | machinami dot biz | jalan kota, Ind. | memanjakan mata kita dengan gambar-gambar unik. まちなみ逍遙 | machi-nami shōyō | jalan-jalan menjelajah, Ind. | adalah sebuah blog dengan niche foto landscape kota-kota di Jepang dan kota-kota lain di dunia. Menikmati keindahan jalanan di Jepang seolah tak ada matinya. Begitu juga dengan penjelajahan di kota belahan dunia lainnya.

Suasana di The Rocks Market, Sydney yg buka hanya di Sabtu dan Minggu. (dok. machinami dot biz)
Suasana di The Rocks Market, Sydney yg buka hanya di Sabtu dan Minggu. (dok. machinami dot biz)

Cerita gambar atau gambar yang bercerita menjadi kekuatan dari blog ini. Kualitas gambar dan tangkapan kesan cukup mengena. Sehingga pembaca atau penikmat blog ini terasa tak bosan untuk menilik satu per satu gambar yang ada. Keutuhan cerita berusaha diciptakan dari setiap judul yang mewakilinya. Seperti di judul ‘The Rocks Markets, Sydney’, suasana pasar tertangkap begitu natural. Pernak-pernik barang dagangan dan berbagai macam gaya pembeli dan penjual ditampilkan dengan begitu indah. ‘Candid photos‘ yang dilakukan dengan begitu rapi.

Sekolah yg mengajarkan Sadou, tata cara minum teh. (dok. machinami dot biz)
Sekolah yg mengajarkan Sadou, tata cara minum teh. (dok. machinami dot biz)

Tentu saja berbagai suasana potret kehidupan jalanan di kota-kota Jepang menjadi daya pikatnya. Bagi para wisatawan luar negeri yang hendak berkunjung ke Jepang, tepat sekali jika menengok terlebih dahulu blog ini. Ada sekitar 20-an kota di Jepang yang berhasil di eksplor. Termasuk diorama beberapa aktivitas penting masyarakat Jepang. Seperti halnya diorama aktivitas di sebuah sekolah minum teh, atau biasa disebut Sadou (作動).

Komplek para samurai  Istana Yakote di Akira-Prefecture. (dok. machinami dot biz)
Komplek para samurai Istana Yakote di Akira-Prefecture. (dok. machinami dot biz)

Tak luput, suasana di komplek para Samurai berhasil dengan apik di potret. Istana Yokote yang merupakan satu komplek Samurai tingkatan tertinggi terlihat begitu anggun. Suasana mistis menggambarkan kerahasiaan yang tinggi pula. Hal itu dapat diungkapkan lewat pagar gedung yang cukup tinggi. Dimana tak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya.

.

Beberapa Catatan

Narasi blog cantik tersebut ditampilkan dengan bilingual narative, Jepang dan Inggris. Sehingga lebih memudahkan bagi mereka yang tidak mengerti bahasa Jepang dan atau tulisan Kanji. Tapi jangan khawatir, dengan bantuan Google Translate bisa juga menolong. Meski secara gramatikal dan leksikal terkadang tidak begitu pas terjemahannya.

Sebagai blog foto yang bermutu, ada beberapa catatan yang sebenarnya cukup menganggu. Berikut catatan saya:

  1. Format tampilan dengan dua pos artikel per halaman. Kesan scroll yang cukup panjang terkadang membuat mata lelah. Untunglah foto ditampilkan dalam ukuran yang tak terlalu besar, berkisar 30-45 kb dengan besaran sekitar 500 x 400-an px.
  2. Ada beberapa gambar yang sebenarnya bisa dibingkai menjadi satu untuk tema yang sama pada satu artikel. Misalkan tentang saluran air dengan tiga foto, yang sebenarnya bisa dibingkai menjadi satu. Sehingga penikmat bisa lebih fokus dalam menangkap kesan gambar.
  3. Menggunakan format komentar Disqus yang kurang begitu familiar. Sehingga tak banyak komentar yang bisa terjaring, sebab komentator harus sign-in dulu.
  4. Dengan usia blog yang sudah dua tahun, jumlah pengunjung yang tak lebih dari 50.000 tentu amat disayangkan. Padahal blog tersebut sudah berlevel internasional menurut saya.

Namun secara keseluruhan, saya tetap angkat jempol dengan blog yang ‘mahal’ itu. Tak banyak blog dengan niche foto yang bisa menarik pengunjung. Blog jalan-jalan ini termasuk cukup sukses untuk menarik peminatnya. Sekaligus bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin berkunjung ke Jepang. Juga kota-kota di belahan bumi lainnya.

.

#SelamatPagi #SmangatPagi

[Artikel ke-tiga Pekan Ke-11 #LBI2015 Tema Wajib.]

Iklan

13 thoughts on “Jalan-Jalan Bersama Blog Machinami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s