Agus Mulyadi yang Super Bejo


Gus Mul yang keceh dan apa adanya. (dok, pribadi)
Gus Mul yang keceh dan apa adanya. (dok, pribadi)

“Lha wong saya ini bejo lho. Kalo penulis naskah buku itu harus nyodorin karya ke penerbit. Penerbit itu malah yang nyuruh saya untuk nulis. Itu namanya bejo kan?” begitu Agus Mulyadi berceloteh dengan nyamannya.

“Nulis blog. Ya nulis saja. Mau dibaca atau tidak, persetanlah…”

Nah, itu lah sosok Agus Mulayadi yang biasa dipanggil Gus Mul saat berikan testimoni di acara CSS 2015 Yogyakarta. Ngeblog baginya adalah suatu aktivitas yang menyenangkan saja. Mengaku terkenal karena editan seperti foto di bawah ini. Memalukan sekaligus menjadi berkah, begitu jawabnya dengan gaya cengengesan.

Agus Mulyadi dan Nabila JKT48. (dok. pribadi)
Agus Mulyadi dan Nabila JKT48. (dok. pribadi)

Menulis bagi Gus Mul tak perlu motivasi. Yang penting nulis saja, terutama untuk mengisi waktu kekosongan. Toh, suatu saat pasti ‘ngeh’. Terutama ketika ada komentar yang ada di bloggernya. Tentu nanti juga akan semangat sendirinya. Termasuk buku ‘Jomblo Tapi Hafal Pancasila‘ sebenarnya adalah karya yang ‘tak sengaja’. Maksudnya, seperti saya jelaskan sebelumnya, bahwa dengan nulis apa adanya itulah yang akhirnya justru menarik para pembacanya.

Tanpa menafikan unsur bejo, ada satu hal yang patut digarisbawahi. Gus Mul adalah sosok yang kreatif bin ngglidik. Unsur kekuatan kreativitas ini lah justru yang menjadi pematiknya. Dengan pekerjaan sebagai ‘OP’ dia berhasil memanfaatkan waktu senggangnya untuk menunggu pelanggannya. Kemampuan otak-atik fotosop berhasil dimanfaatkan secara cerdas. ‘Keberhasilan’ untuk foto bareng bersama Nabila ‘JKT 48’ itu lah yang akhirnya mengantarkan menuju prestasi-prestasi berikutnya.

Ternyata ‘bejo’ bukan lah faktor ‘wahyu tumitis’ (wahyu yang tiba-tiba turu. Jw.). Ada sebuah proses kreatif yang mengiringinya. Proses kreatif yang membentuk karakter unik tiada duanya. Termasuk pada sosok itu, Agus Mulyadi aka. Agus Magelangan aka. Gus Mul. Selamat untuk Gus Mul. Semoga tetap membumi meski sudah jadi artis.

Iklan

18 thoughts on “Agus Mulyadi yang Super Bejo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s