Tips Menulis Artikel dengan Cepat


Kemampuan menulis, akan mengantarkanmu untuk menjadi apa saja. [kataku]
Kemampuan menulis, akan mengantarkanmu untuk menjadi apa saja. [kataku]
Satu waktu pada suatu kegiatan yang diadakan oleh sebuah komunitas blogger daerah. Seorang nara sumber tentang kepenulisan memberikan sebuah tips yang cukup keren. Tips tersebut sebenarnya sudah saya jalankan sejak pertama saya ngeblog di pertengahan Agustus 2013 yang lalu. Tips sederhana bagaimana agar kita dapat menulis dengan cepat tanpa kehilangan momentum.

Cara tersebut memang cukup ampuh bagi para blogger yang tergolong malas seperti saya. Sebab untuk membuat satu artikel ‘biasa’, tak perlu harus makan waktu lama. Cukup dengan 30 menit atau setengah jam, maka teng…teng… Jadilah naskah kita dan siap kita aplot. Tentu saja jumlah katanya tidak boleh terlalu minim. Bagi beliau, waktu 1/2 jam itu seharusnya bisa menghasilkan 400-450 kata. Tapi bagi saya, itu terlalu muluk lah.

Pengalaman berpuluh tahun sebagai wartawan plus editor di sebuah penerbitan/koran nasional tak bisa menjadi pembanding sepenuhnya. Bagi saya, cukup dengan 350 kata sudah bagus. Sebab beberapa menit terakhir, pastilah kita sempatkan untuk proses edit. Sebab sebuah artikel tanpa edit, pastilah berakibat ‘acakadul’. Yang sudah diedit saja terkadang masih ‘simpang-siur’.

Caranya untuk menghasilkan 350 kata selama 1/2 jam itu sebenarnya cukup sederhana. Sebagaimana tips yang beliau ajarkan juga. Mau tahu tekniknya? Berikut saya coba untuk paparkan 8 langkah sederhana tersebut.

  1. Ambillah selembar kertas HVS putih polos dan sebuah pena. Kertas itu bisa juga diganti buku atau block note.
  2. Amati lingkungan sekitar temat duduk Anda sekira dua sampai tiga menit. Jika Anda sedang berada di luar (rumah), amati satu aktivitas atau benda yang bagi Anda cukup menarik. Jika Anda sedang di dalam rumah atau menatap laptop atau komputer, maka hal itu akan lebih mudah lagi.
  3. Kemudian segera lah tangkap kesan peristiwa atau benda yang membuat Anda tertarik tersebut.
  4. Tuliskan secara spontan apa kesan yang Anda rasakan tersebt tanpa berpikir banyak. Jadikan referensi yang Anda punyai dalam memori Anda untuk menuliskannya.
  5. Teruslah menulis tanpa henti sekitar 30 menit. Ingat, terus lah menulis! Jangan biarkan sekejap saja pikiran Anda gagal fokus.
  6. Jika tulisan Anda belum sampai 300-350 kata, maka coba lah ulang lagi cara pertama sampai ke-lima.
  7. Usahakan tiap hari Anda sempatkan untuk melatih hal di atas, minimal tiga sampai empat kali.
  8. InsyaAllah, dalam waktu 10 hari saja, jika Anda konsisten, maka menulis cepat sebuah artikel bukanlah hal yang sulit.

Nah, 8 langkah di atas, akan sangat membantu jika suatu saat Anda mengikuti kompetisi menulis blog on the spot. Sebab kecenderungan para sponsor atau penyelenggara acara sekarang ini cenderung untuk ‘langsung’ melihat hasilnya. Apalagi jika ada target untuk kata kunci tertentu. Saya berani menyampaikan tips tersebut, karena saya telah membuktikannya. Kalau saya bisa, Anda pasti lebih bisa!

#SelamatMalam #SmangatPagi

[Artikel ke-dua Pekan Ke-delapan #LBI2015 Tema Bebas.]

Iklan

7 thoughts on “Tips Menulis Artikel dengan Cepat

  1. Wah, benar kata mbak indah di atas, mustinya nulis artikel itu gampang asalkan kita bisa fokus, tapi mas ada aja gangguan nya. Tapi tips di atas layak dicoba juga nih, makasih tas sharingnya mas, salam persahabatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s