Konveksi Lokal Go International, Kenapa Tidak?


“Uihhh….keren banget tuh disain kaosnya.”

“Wow…bahannya ciamik banget nih kaos.”

“Waduh, kaos begini bagus, mahal nggak ya harganya?”

“Kalau kaos model begini, beli langsung sekodi juga gak rugi.”

Dan mungkin masih banyak lagi, kalimat-kalimat takjub saat kita menemui satu kaos yang menarik. Entah itu dari bahannya yang bagus. Disain kaos yang unik dan tak ada duanya. Gambar atau motif kaos yang sangat etnik atau khas daerah tertentu. Yang kesemuanya itu membuat kita tertarik untuk memilikinya.

Kaosmu yang Mana?

Sebagaimana dengan contoh-contoh kaos di bawah ini. Hasil bagus yang menunjukkan perkembangan konveksi di daerah yang cukup bagus pula.

  • Produk kaos etnik Kota Semarang. Meski bahan dari TC 28, tapi cukup nyaman dipakai.
Kaos dengan disain gambar ikonik (daerah/kota).
Kaos dengan disain gambar ikonik (daerah/kota).
  • Koas etnik dari Rumah Osing ‘Genjah Arum’ Kemiren, Banyuwangi. Yang dibuat secara terbatas oleh pemilik Rumah Osing, Pak Iwan. Beliau adalah satu-satunya master kopi dunia dari Indonesia.
Kaos dengan disain jahitan khas dan disain gambar ikonik.
Kaos dengan disain jahitan khas dan disain gambar ikonik.
  • Kaos tema dengan disain karikatur plus kata-kata unik produk asli Bandung. Bahan dari full cotton yang nyaman cukup nyaman dipakai.
Kaos dengan desain gambar/kata-kata lucu.
Kaos dengan desain gambar/kata-kata lucu.
  • Kaos dengan bahan katun Jepang ini, merupakan produk asli Jogja. Disain gambar kartun tokoh publik dan permainan kata-kata. Dicetak dalam jumlah terbatas, sehingga kesan eksklusifnya nampak. Saat ini, kaos dari perusahaan tersebut sudah cukup sulit ditemui.
Kaos dg disain karikatur tokoh politik/negara.
Kaos dg disain karikatur tokoh politik/negara.
  • Kaos komunitas Suka Kuliner (Sukul) Surabaya ini cukup fenomenal. Dibuat 100 pcs dengan pre-order. Hanya dalam waktu 5 hari sudah ‘ludes’ dipesan. Bahan full cotton dengan model jahitan dan desain gambar yang unik membuat orang penasaran untuk memilikinya.
Kaos untuk komunitas.
Kaos untuk komunitas.
  • Kaos terakhir ini tentu hampir seluruh penghobi jalan-jalan mengenalnya. Produk dengan ciri khas ‘permainan kata-kata’ ditambah gambar unik ini telah menjadi ikon Kota Yogyakarta. Menjadi inspirasi bangkitnya konveksi lokal di Yogya dan sekitarnya. Meski harga yang dibanderal cukup waow, namun tak surutkan peminat lokal maupun manca.
Sebeuah merek kaos lokal yg telah mendunia.
Sebuah merek kaos lokal yg telah mendunia.

Nah, dari enam penampakan kaos di atas, saya pikir semuanya cukup menarik. Semua kaos tersebut asli buatan lokal/daerah. Sebagaimana kaos komunitas yang terpampang di atas, dari segi kualitas jahit, kualitas bahan, kualitas disain, dan kualitas sablon/cetak sangat bagus. Tak kalah dengan kaos-kaos eksklusif bermerek internasional. Dari segi harga tentu sangat jauh dibandingkan kaos merek impor. Dengan kualitas  yang relatif sama, harga kaos lokal bisa 1/5 – 1/4 dari kaos merek impor. Untuk pemesanan juga tak terlalu sulit. Selain itu, ketepatan waktu pengerjaan cukup dapat diandalkan. Ditambah jaminan jika kaos tidak sesuai dengan spesifikai pesanan dapat dikembalikan.

Produk Lokal Bisa Berbicara di Era Global

Hal tersebut di atas, saat ini telah menjadi jaminan bagi para konsumen. Sebagaimana kaos produk suatu kota yang telah menjadi salah satu ikon kota tersebut. Sehingga wisatawan lokal maupun internasional rasanya belum terasa menyinggahi kota tersebut jika belum membeli produknya. Meski harga yang dipatok termasuk cukup ‘lumayan’ tinggi namun bukan menjadi masalah.

Hikmah yang didapat dari tenarnya merek tersebut, sehingga muncul banyak produk ‘KW’. Produk ‘KW’ atau tiruan yang bahan atau disainnya hampir menyerupai aslinya. Harganya yang ditawarkan sangat variatif. Sehingga imbasnya adalah makin maraknya geliat produk konveksi kota tersebut. Produsen asli pun sepertinya ‘dapat memahami’ kondisi tersebut. Sebab masing-masing telah memiliki segmen yang berbeda.

Demikian juga di kota-kota lain. Mulai dari kota besar hingga kota kecil, perusahaan lokal dengan produk etnik pun mulai menggeliat. Souvenir etnik seolah sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi para pelancong. Ini menjadi indikasi bahwa produk lokal pun kini sudah mulai menjadi ‘raja’ di daerah sendiri. Dengan kualitas yang bagus membuat para wisatawan manca pun ikut berburu kaos-kaos tersebut. Tentu angin segar ini menjadi pemacu semangat. Ternyata bisnis lokal Indonesia mampu bersaing dengan negara lain di era global.

Teliti Sebelum Membeli

Dari penjelasan yang cukup panjang di atas, semakin yakin bukan bahwa produk konveksi kita memang unggul? Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana sih agar kita dapat memesan kaos sesuai dengan selera kita atau komunitas kita? Tips di bawah ini mungkin akan bermanfaat, jika Anda berniat untuk memesan kaos.

  1. Pastikan jauh-jauh hari Anda memesan kaos. Sebab bulan-bulan tertentu atau waktu tertentu, perusahaan konveksi akan kebanjiran order. Misalkan: menjelang kampanye, menjelang event daerah, menjelang tahun ajaran/akademik baru, atau menjelang peringatan hari-hari besar nasional.
  2. Pastikan perusahaan konveksi tersebut merupakan perusahaan yang kredibel dan mampu mengerjakan sesuai spesifikasi yang Anda inginkan.
  3. Pastikan Anda memperoleh spesifikasi dan daftar harga dari perusahaan tersebut, sehingga Anda tidak merasa terlalu mahal. Sebab perusahaan tertentu untuk menjaga kualitas produknya, akan memasang harga yang tinggi.
  4. Pastikan ukuran, desain kaos, desain gambar kaos dengan cek dan recek kembali. Ini untuk memastikan produk contoh sesuai dengan keinginan Anda. Sehingga kaos berikutnya dapat dibuat dengan cepat dan tepat.
  5. Jika pemesanan dalam jumlah banyak, usahakan pembayaran dengan sistem uang muka dulu. Hal ini untuk menjaga agar produk pesanan dapat dipastikan dibuat tepat waktu. Perusahaan tertentu berani menjamin, jika produk selesai terlambat boleh diklaim dengan mengurangi harga pokok.
  6. Jika sudah diproses, dua atau tiga hari sebelum tanggal jadi, pastikan bahwa pemesanan diselesaikan tepat waktu.
  7. Jika sudah selesai, segera cek jumlah atau hasil pengerjaan pemesanan Anda. Jika ada yang tak sesuai spesifikasi maka sila dikembalikan untuk penggantian. Bila sudah beres, langsung dilunasi untuk pembayaran sisanya.

#SelamatPetang #SmangatPagi

[Artikel ke-tiga Pekan Ke-enam #LBI2015 Tema Wajib.]

Iklan

22 thoughts on “Konveksi Lokal Go International, Kenapa Tidak?

  1. Di era digital yang serba canggih saat ini apa yang tidak mungkin….jika dulu orang harus memasarkan produknya dengan door to door sekarang sudah cukup lewat angkasa dan jangkauannya tidak terbatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s