Nawa Cita Itu Apa?


Nawa Cita Jokowi dan JK.
Nawa Cita Jokowi dan JK.

100 hari masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berlalu. Kondisi iklim geo politik bukan malah membaik pasca pergantian presiden. Berbagai kebijakan (baca: keputusan) politik, ekonomi, sosial, budaya serta pendidikan sering malah membuat resah masyarakat. Tumpang-tindihnya pernyataan antar menteri serta memburuknya hubungan atar lembaga negara. Menjadi pemandangan yang disuguhkan sehari-hari kepada rakyatnya.

Puncaknya adalah perseteruan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Dimana pelantikan Komjen. Budi Gunawan yang (terancam) gagal. Sebabnya adalah status tersangka korupsi yang dituduhkan oleh KPK. Kemudian bola panas menggelinding akibat tudingan sebagian pihak bahwa Komjen BG adalah calon Kapolri titipan.

Selanjutnya, kondisi semakin runyam dimana Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) malah tak mampu meredam kekisruhan tersebut. Sengaja atau tidak, kondisi ini lah yang membuat ‘meradang’ beberapa pihak. Mereka menuduh bahwa Jokowi dan JK gagal mengawal Nawa Citra yang mereka usung saat kampaye Pilpres 2014. Seolah-olah justru mereka menghianati Nawa Citra yang mereka ucapkan dan janjikan sendiri.

Nah, mungkin sebagian masyarakat belum faham atau malah belum tahu. Apa sih Nawa Citra itu? Nawa Citra adalah sembilan (9) program yang digadang-gadang oleh Jokowi-JK agar bangsa Indonesia lebih mandiri. Mandiri dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Menjadi bangsa yang tak bisa didikte oleh negara lain.

Berikut rangkuman dari sembilan program (Nawa Cita) tersebut:

  1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
  2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan.
  3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
  4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.
  6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.
  7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
  8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
  9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga.

Sumber: Nawa Cita bisa diunduh di sini.

Iklan

6 thoughts on “Nawa Cita Itu Apa?

  1. Semoga 9 Program dari “Nawa Cita” Jokowi-JK bisa terlaksana dan diwujudkan sehingga bangsa indonesia dapat hidup dengan aman dan Sejahtera.Amin.

  2. Semoga bangsa indonesia berubah utk kedepan lebih baik…dengan adanya komitmen pemimpin bangsa masyarakat indonesia aman dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s