Masih Perlukah Blogger Nusantara 2015 Dihelat?


Wuiih….apaan lagi tuh? Blogger Nusantara 2015? Varian makanan baru lagi apa ya? Hi…7x.

Nah, sebagai blogger rasanya harus kenal dengan istilah itu lho. Lha kok harus? Tentu dong. Blogger Nusantara atau biasa disingkat dengan Blognus atau #BN. Satu agenda terbesar kopi darat (kopdar) blogger se-Indonesia.

Nostalgia #BN2013

Penulis bersama salah seorang founder #BN (Anjari Umarjianto) dan Panitia #BN2013.
Penulis bersama salah seorang founder #BN (Anjari Umarjianto) dan Panitia #BN2013 serta para sahabat blogger.

Terakhir dihelat di Jogjakarta, #BN2013 berlangsung sangat meriah. 1000 orang blogger dari seluruh nusantara yang hadir. Acara yang berlangsung dua hari, 30 November – 01 Desember 2013, berjalan cukup meriah. Terdapat kendala di hari pertama. Namun tak mengurangi  ‘hiruk-pikuk’ para blogger yang saling peluk cium, ha ha-hi hi hingga curcol habis. Tak ada lagi sekat keakraban antara blogger senior maupun junior. Mastah, calon mastah, atau bahkan pensiunan mastah berbaur jadi satu.

Mini kopdar bersama warga Warung Blogger dan Komandang Blog Champ, Pakdhe Cholik. (Dok pribadi)
Mini kopdar bersama warga Warung Blogger dan Komandang Blog Champ, Pakdhe Cholik. (Dok pribadi)

Sangat terasa Indonesia banget. Tampilnya para blogger dengan kemampuan menghibur menjadi sajian menarik lainnya. Apalagi kesenian dari berbagai daerah yang ditampilkan seolah melambungkan ingatan kita. Indonesia memang begitu kaya, begitu hebat.

Blogger dari Aceh hingga Papua pun seolah berkata,”Kami lah Indonesia!”

Kebanggan menjadi putra-putri Indonesia menyeruak diantara keakraban. Sahabat blogger yang selama ini dikenal hanya lewat dunia maya akhirnya bisa disentuh. Dalam suasana keakraban, yang pendiam pun akhirnya bisa ‘meledak’. Yang jomblo pun bisa ‘meledak’, ehg. Tapi itu lah gambaran indah yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

#BN2015, Ada Apa Denganmu?

Tahun 2014 berlalu tanpa Blognus. Apakah 2015 juga harus berlalu tanpa Blognus?

Ah, pertanyaan itu begitu menohok. Bagaimana pun, faktor dukungan dana seringkali menjadi kendala. Bayangkan saja. Untuk perhelatan selama 2 hari seperti kemarin di Jogja, peserta tidak dibebani biaya sama sekali. Alias gratis. Tentu saja para blogger tetap harus menanggung sendiri biaya transportasi sampai ke Jogja.

Bisa dihitung sendiri deh. Berapa biaya transportasi, biaya penginapan, biaya konsumsi, biaya kegiatan pendukung dan biaya-biaya lainnya? Pasti banyak bukan? Namun di sini lah seninya mengelola ajang kopdar terbesar se-nusantara.

Komitmen, kerja keras, semangat pantang menyerah, bahkan pantang malu pun harus dilakukan. Inilah satu ekspresi yang luar biasa dari panitia, sponsorship dan tentu saja seluruh peserta. Penting gak penting sih. Mungkin demikian dari sebagian blogger. Tapi bagi para blogger ‘beneran’, tanpa Blognus, serasa minum kopi tanpa gula deh. Pahit.

Oleh karenanya, selaku pribadi, saya tetap berharap bahwa #BN2015 harus terlaksana. Berharap keajaiban itu tetap ada. Bojonegoro, Bandung, Semarang, bahkan Pontianak pun siapa tahu bisa menjadi tuan rumah. Semoga….

[Artikel pertama Pekan Ke-empat #LBI2015 Tema Wajib.]

Iklan

71 thoughts on “Masih Perlukah Blogger Nusantara 2015 Dihelat?

    1. #BN2015 diusahakan diselenggarakan di kota yang dilewati KA.
      Syukur-syukur Bandung ato Bojonegoro yg sudah ekspos di Radar Bojonegoro kalo siap jadi tuan rumah. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s