Liga Blogger Indonesia 2015 dalam Statistik


lbi logo

Babak kualifikasi Liga Blogger Indonesia 2015 telah dimulai (22/12). Para peserta pun sudah mulai mengerjakan artikel wajib dengan tema yang ditentukan. Berbagai ‘kegagapan’ pun mulai muncul. Termasuk ‘gagap’ dalam memberikan komen. Maklum, yang biasa ‘stel kencang’ untuk komen di blognya, nyadar atau tidak, masih saja belum mau mengubah privasinya. Sementara komentator berharap bahwa namanya bisa langsung ngelink ke artikel postingannya.

Blog-blog peserta ternyata cukup menarik, baik dari segi tampilan maupun konten. Namun ada yang lebih menarik bagi saya, memetakan ragam peserta tentunya. Setelah saya amati ternyata ada sesuatu yang membuat saya kepo. Sehingga saya pun tertarik untuk menyusun dalam statistik peserta kualifikasi #LBI2015.

Berikut data statistik yang mungkin bermanfaat untuk melihat jalannya ‘pertandingan’ ke depannya.

  1. Jumlah blogger 48 orang.
  2. Jumlah kota asal blogger 30 kota.
  3. Jumlah kota dengan blogger terbanyak Pontianak (7 orang).
  4. Jumlah provinsi asal blogger 15 provinsi.
  5. Jumlah blogger terbanyak dari provinsi Jawa Tengah (12 orang).
  6. Jumlah blogger menurut jenis kelamin: lelaki (37 orang), perempuan (11 orang).

Jika dilihat dari asal provinsi peserta, saat ini antara provinsi di Jawa (26 orangg) dan luar Jawa (22 orang) sudah cukup berimbang. Meski untuk provinsi luar Pulau Jawa didominasi oleh Kalimantan Barat (7 orang). Ini cukup melegakan, meski tak sepenuhnya ‘menggembirakan’. Melegakan karena dari 48 blogger berasal dari kota yang beragam. Tak menggembirakan, karena dari 2 kota besar di Pulau Jawa tak ada yang mewakili yaitu Bandung dan Surabaya.

Partisipasi blogger perempuan dalam Liga Blogger Indonesia 2015 kali ini cukup minim. Biasanya dalam setiap kegiatan lomba, GA, kompetisi atau lomba blog kepesertaan blogger perempuan cukup dominan. Saya pikir, apakah karena hadiahnya belum jelas itu, sehingga motivasi blogger perempuan jadi berkurang. Hi….7x, tapi semoga tak demikian adanya. Tapi meski blogger yang berpartisipasi belumlah maksimal, saya berharap kompetisi ini bisa berlangsung dengan lancar. Bisa berjalan dengan partisipasi aktif seluruh peserta.

Iklan

16 thoughts on “Liga Blogger Indonesia 2015 dalam Statistik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s