Yuk Buat Kolom Komentar yang Familiar


Mau komen di blogspot nih.
Mau komen di blogspot nih.

Liga Blogger Indonesia 2015 telah bergulir. Para blogger peserta liga pun mulai memajang karya-karya unggulannya. Segala usaha tentu akan dikerahkan agar artikelnya mendapat komentar dari sesama peserta. Karena komen sesama peserta akan menjadi salah satu penilaian krusial pada artikel dengan tema wajib. Blogwalking dan sharing via twitter mau tak mau harus dilakukan agar memperoleh komen tersebut.

Dalam artikel ini, sedikit saya menyoroti tentang artikel dengan platform Blogspot. Sebab beberapa blogger yang menggunakan platform ini, tidak bisa dikomentari dengan menggunakan Open ID. Demikian juga yang tak memiliki akun Google, dapat dipastikan tak akan bisa memberikan komentarnya. Hal ini tentu saja akan merugikan bagi blogger bersangkutan. Pun bagi komentator pasti akan sedikit kesal. Maksud hati mau ikut ‘urun rembug‘, apa daya komennya tak bisa masuk. Jadi berabe bukan?

Saya menyarankan beberapa hal kiranya sobat blogger semua bisa lebih mudah untuk saling bersilaturrahim. Tentu hal ini menjadi pilihan sulit bagi blogger berplatform blogspot. Sebab bagi mereka yang biasa sangat ‘teliti’ banget untuk menyaring komen, tak akan serta merta menyetujuinya. Tapi demi kebaikan bersama selama Liga Blogger Indonesia 2015 berlangsung, sebaiknya membuat seting komen seperti pilihan di bawah ini:

  1. Lokasi komentar, bisa pilih ‘Embedded‘. Dengan cara ini, posisi komentar bisa langsung berada di bawah artikel.
  2. Siapa yang berkomentar, bisa pilih ‘Anyone‘. Dengan cara ini siapapun bisa berkomentar di artikel Anda. Tentu saja resikonya adalah Anda harus rajin mengecek komen. Sebab komen yang berbau SARA tentu tak akan Anda izinkan bukan?
  3. Moderasi komentar, bisa pilih ‘never‘. Alasan sama dengan poin ke-2.
  4. Kotak verifikasi, bisa pilih ‘No‘. Dengan cara ini, Anda yang memiliki jaringan inet lambat pun, tak akan kesulitan untuk masuk. Sebab captcha seringkali menyulitkan jika jaringan inet lambat, seperti di tempat saya. Toh, Blogspot sendiri sudah memiliki perangkat canggih yang bisa menyaring spam. Meski tak semuanya bisa disaring otomatis dengan baik.
  5. Tunjukkan Backlinks. Dengan cara ini kita akan bisa dofollow dengan mudah.

5 cara tersebut di atas adalah tips agar kita mempermudah blogger lain untuk bisa berkomentar di blog (blogspot) Anda. Minimal untuk event Liga Blogger Indonesia 2015 inilah Anda bisa bermurah hati. Mau?

Iklan

6 thoughts on “Yuk Buat Kolom Komentar yang Familiar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s