Beli HP atau Beli Konten?


Kemajuan IPTEK memang satu hal yang tak lagi bisa kita elakkan. Ini bisa menjadi rahmat sekaligus bisa menjadi bencana. Bisa menjadi rahmat jika hasil daya karsa dan daya cipta tersebut mampu memberikan manfaat positif bagi kita. Sebaliknya, akan menjadi bencana jika kita gagal memanfaat ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Maka tinggal dari kebijakan kita untuk mengambil segi positifnya dengan menekan sekecil mungkin efek negatifnya.

Demikian juga dengan kemajuan teknologi gadget. Jika pada akhir tahun 90-an kita hanya mengenal handphone/HP analog (hanya untuk telepon dan SMS), kina HP berkembang menjadi berbagai jenis. Kita lebih mudah menyebut dengan gadget atau smartphone. Sebab HP tak sekedar untuk telepon dan SMS.

Gadget Multi Fungsi

Gadget ini dapat berfungsi sebagai macam-macam pertukaran data. Data suara/telepon dan data digital lainnya dapat disimpan sekaligus ditranfer ke pengguna lain. Gadget menjadi komputer mini yang bisa disimpan dalam saku dan dihubungkan dengan perangkat elektronik apa saja. Sungguh lima tahun terakhir ini teknologi digital lewat gadget melampui ekpektasi apa yang mungkin pernah kita bayangkan.

Munculnya inovasi tersebut seiring dengan tingkat kebetuhan dan pemafaatan teknologi bergerak. Sebab apapun pekerjaan yang berhubungan dengan kecepatan komunikasi atau informasi ‘seolah’ membutuhkan teknologi canggih itu. Hidup rasanya tak lengkap jika tak mampu ‘menggenggam’ semuanya dalam satu genggaman, gadget. Maka setiap orang berlomba-lomba untuk menangkap hasil kreasi teknologi itu.

Ragam fungsi dan konten yang ditawarkan oleh produk-produk baru itu bermacam-macam menyesuaikan dengan harga tentunya. Fungsi dan konten program menarik biasanya dapat diperoleh dengan langsung (bundling) saat pembelian. Bisa juga diperoleh dengan mengunduh terlebih dahulu, baik yang gratis atau berbayar. Namun saat ini, konten berbayar biasanya dijumpai pada game-game tertentu, siaran televisi atau film berbayar lewat youtube. Sebagian besar konten tetap didapatkan dengan gratis mulai dari HP dengan harga 400 ribu-an.

Cerdas Memilih Gadget dan Konten

Gadget dengan aplikasi bergerak Android, iOS (Apple) dan Windows kini yang berkuasa. Tinggal dari kita untuk memilih perangkat dan konten apa saja yang seharusnya ada di gadget kita. Jika ada pilihan, kita harus mengutamakan gadget atau kontennya? Tentu jawabannya juga akan beragam menyesuaikan dengan situasi dan kondisi kita.

Bagi saya yang tinggal di daerah sulit sinyal, sebab hanya sinyal operator tertentu yang baik, konten yang bisa berfungsi tanpa sinyal hidup yang saya pilih. Pun demikian juga dengan faktor harga. Gadget minimalis denga fungsi maksimal itu yang akan saya pilih, sebab saya seringkali kehilangan gadget. Tahun ini saja, dua kali sudah saya kehilangan gadget.

Konten yang seharusnya di dalam gadget saya  diantara adalah:

syaamil-note-bann

  1. Aplikasi Al-Qur’an. Ini untuk memudahkan saya dalam muroja’ah hafalan saya dan anak-anak jika mereka sedang liburan di rumah. Bacaan Al-Qur’an dengan (suara) tartil sekaligus tuntunan belajar tajwid yang benar mutlak menjadi kebutuhan. Hal ini berguna untuk menuntun kita dalam memahami makna antara satu kata dengan kata lainnya. Demikian juga pelengkap hal ihwal Al-Qur’an yang berguna sebagai referensi termasuk sebab turunnya ayat dan sebagainya. Syaamil Al-Qur’an tentu menjadi pilihan cerdas jika kita menginginkan semua fitur itu ada. Selain fungsi yang jelas bermanfaat, harganya juga jelas terjangka.
  2. Aplikasi Hadis Bukhari dan Muslim. Ini penting untuk mendukung saya dalam memberikan referensi saat menyampaikan kajian di forum-forum pengajian.
  3. Aplikasi Hadis dan Kitab Arba’in Nawawi dan tujuh imam mashab masyhur juga akan saya sematkan jika memungkinkan, meskipun untuk beberapa kitab harus membayar. Aplikasi hadis ini juga dapat kita jumpai dalam Syaamil Al-Qur’an.
  4. Aplikasi sholat lima waktu dan penentuan arah kiblat juga tak boleh ketinggalan.
  5. Aplikasi lainnya boleh menjadi pilihan asal empat macam konten di atas sudah tertanam pada gadget kita.

Nah, sebenarnya untuk menjawab pertanyaan di atas mudah bukan? Pilih gadget dengan pilihan konten yang bisa memberikan manfaat bagi kita di dunia dan akhirat. Jika pun terdapat konten yang bundling dengan gadget kita saat membelinya, ya tinggal terima saja kan? Gunakan jika bermanfaat. Sembunyikan jika malah akan menimbulkan mudharat (kerugian). Sangat sederhana bukan?

[Artikel untuk Lomba Blog #PameranBukuBdg2014.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s