FLP Kiprahmu Kini


Asma Nadia, siapa sih penulis Indonesia yang tak kenal dengan namanya? Penulis yang telah ‘melahirkan’ 49 karya buku. Diantara judul buku/novel yang amat akrab diantara kita antara lain: Emak Ingin Naik Haji (2009), Rumah Tanpa Jendela (2011) dan Ummi (2012). Novel Emak Ingin Naik Haji dan Rumah Tanpa Jendela, kisahnya telah diangkat di layar lebar.

Pemilik nama asli Asmarani Rosalbi ini merupakan perintis Forum Lingkar Pena (FLP) yang  didirikan Helvy Tiana Rosa bersama Maimon Herawati. Saat ini duduk di Dewan Pertimbangan Forum Lingkar Pena. Merintis penerbitan indie Asma Nadia Publishing House dan Rumah Baca Asma Nadia (RBA) yang kini berjumah lebih dari 100 tempat. Aktif diundang dalam sebagai pembicara di forum penulis internasional. Terakhir adalah memenuhi undangan dari International Writing Program di Iowa University.

Profil Asma Nadia inilah yang akhirnya ‘menuntun’ saya untuk mencoba mengenal FLP. Maklum, sebagai seorang yang sedang menekuni di dunia kepenulisan, satu per satu forum kepenulisan ditelusuri. Saat menemukan situs FLP sekitar sebulan yang lalu, cukup terpukau juga saya. Sebab di sini saya banyak temukan tokoh yang karyanya sudah cukup akrab dengan saya.

Helvy  Tiana Rosa, Gola Gong, Habiburraahman El-Shirazy, Taufiq Ismail, Pipiet Senja ternyata beberapa orang sastrawan dibalik FLP. Maka saya punya keyakinan, tak salah untuk segera bergabung di FLP. Di grup FB pun tak ketinggalan saya bergabung dengan grup FLP dan FLP Cabang Surabaya. Sebagaimana dengan grup FB yang lain, di FLP pun saya berharap dapat merasakan manfaat sharing ilmu dari penulis lainnya. Dengan harapan bahwa kemampuan saya untuk menulis dapat lebih terasa lagi.

Sejak didirikan pada 17 tahun yang lalu, tepatnya 22 Pebruari 2007 di Jakarta. Organisasi yang memiliki visi ‘Memberikan pencerahan melalui tulisan’ ini telah melahirkan ratusan bahkan ribuan karya dengan ribuan penulisnya juga. Tentu ini menjadi fenomena tersendiri yang amat jarang dijumpai di organisasi satrawan atau penulis di Indonesia.

Kemajuan iptek dan pemanfaatan internet dalam menunjang produktivitas menulis juga dimanfaatkan dengan baik. Lewat website, grup FB dan Twitter sudah banyak penulis mula yang merasaka kehadiran dan manfaat bergabung dengan FLP. Demikian juga dengan saya tentu saja, meski baru sebulan bergabung. Jalan harapan terbentang panjang di depan. Sebagaimana harapan saya untuk dapat menghasilkan karya-karya bermutu.

Saya yakin sahabat pun akan berpikir demikian. Maka tak ada salahnya bagi yang belum bergabung, untuk segera bergabung. Banyak ilmu yang kita dapatkan, dimana belum tentu akan kita dapatkan di tempat lainnya. Sebagimana manfaat yang dirasakan oleh Mbak Nunu, sehingga tergerak untuk membuat Giveaway dalam rangka milad ke-17 FLP. Semoga sukses dan tetap bersemangat!

logo MILAD FLP

[Artikel diikutkan dalam giveaway sehari dalam rangka milad FLP blog Nunu el Fasa.]

6 thoughts on “FLP Kiprahmu Kini

Tinggalkan Balasan

