Isteriku dan 3 Karakter Wonderful Wife


Isteriku, wonderful wife bagi keluargaku. (Foto koleksi pribadi.)
Isteriku, wonderful wife bagi keluargaku. (Foto koleksi pribadi.)

Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah disisi-Mu dalam syurga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim.(QS.At-Tahrim:11)

Demikian doa Asiyah yang diabadikan oleh Alloh Ta’ala dalam Al-Qur’an. Keteguhan hati dalam iman meski dia adalah isteri Fir’aun. Raja Mesir sekaligus sang pembangkang terhadap kuasa Alloh Ta’ala. Menuhankan diri sebagai pemilik kuasa atas segala yang ada di langit dan bumi. Tsumma ‘audzubillah.

Perempuan di dalam kehidupan, mendapatkan peranan yang sangat penting. Sepenting peran kaum laki-laki namun dengan hak dan kewajiban kodrati. Demikian juga peran perempuan dalam menjalankan biduk pernikahan. Tentu akan menjadi suatu dambaan semua pasangan yang menginginkan kesempurnaan hidup. Menjalani kehidupan berumah tangga dengan penuh ketenangan dan kedamaian.

Suami beriman pastilah akan mendapatkan isteri yang beriman pula. Demikianlah sunatulloh yang berlangsung di muka bumi. Jika ada yang tak demikian, maka hanya dengan kuasa Alloh sajalah hal itu terjadi. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah untuk mengetahui karakter isteri yang baik?

Al-Qur’an banyak memberi referensi bagaimana untuk menjadi atau memilih isteri yang baik. Bahasa kerennya adalah bagaimana ciri atau karakter wonderful wife (isteri solihah). Diantara banyak penjelasan, saya meyimpulkan ada 3 karakter besar yang harus dimiliki oleh seorang (calon) isteri, yaitu:

  1. Pecinta Alloh Ta’ala.
  2. Pecinta Suami/Keluarga.
  3. Pecinta Ilmu .

Pecinta Alloh Ta’ala

Syarat mutlak menjadi manusia beriman adalah mencintai Alloh Ta’ala serta Rosullulloh Muhammad. Mengimani 6 rukun iman dan menjalankan 5 rukun Islam. Syarat yang tak dapat lagi ditawar-tawar sebagaimana Alloh Ta’ala menyebutkan dalam QS. At-Tahrim (66):5

Jika nabi menceraikan kamu, boleh jadi Tuhannya akan memberi ganti kepadanya dengan isteri-isteri yang lebih baik daripada kamu, yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertobat, yang mengerjakan ibadah, yang berpuasa, yang janda dan yang perawan.

Begitu jelas dan gamblangnya Alloh Ta’ala menyebutkan karakter (calon) isteri yang sejati. Mencintai Alloh adalah syarat mutlak untuk menjadi isteri yang solihah atau wonderful wife. Sumber dari segala sumber kehidupan adalah Alloh Ta’ala. Maka sangat tak mungkin menjadi manusia yang baik, apalagi isteri solihah jika tak mencintai Alloh.

Mencintai Alloh Ta’ala secara mutlak menjadi dasar untuk mencintai hal yang lain.

Pecinta Suami/Keluarga

Tentu saja seorang perilaku serta karakter seorang isteri juga sangat dipengaruhi karakter suami. Seorang suami yang beriman dan mencintai isteri dengan sepenuh hati, tentu akan mendapatkan haknya. Hak suami yang demikian adalah mendapatkan perempuan isteri sempurna. Seorang wonderful wife pasti akan mencintai dan menyayangi suaminya juga.

Situasi serta kondisi yang bagaimana pun tentu akan siap dihadapi. Seorang isteri pecinta suami tentu akan mengikrarkan diri untuk bersama mengarungi samudera kehidupan. Gelombang cobaan setinggi apapun pasti akan dilewati bersama. Apalagi saat mengarungi samudera hidup yang tenang dan menyejukkan. Tentu akan menjadi idaman bagi semua pasangan hidup.

Namun Alloh Ta’ala tak mungkin tidak menguji keimanan hambaNya. Baik ujian berupa kepedihan maupun kenikmatan. Di sinilah semua akan diuji olehNya. Sudah banyak terjadi kasus perceraian yang diakibatkan oleh kemiskinan. Demikian juga sebaliknya, berlimpahnya harta dan tingginya jabatan justeru memicu perceraian. Baik itu yang disebabkan oleh suami atau isteri.  Semoga kita terhindar dari fitnah perceraian itu.

Pecinta Ilmu

Tolabul ilmi minal mahdi ilal lahdi” artinya tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat. Meski sebagian ulama yang memberi derajat lemah pada hadis ini, tapi paling tidak dapat menjadi hikmah bagi kita. Pelajaran yang dapat kita ambil bahwasannya setiap manusia beriman haruslah seorang pecinta ilmu. Sebagaimana Rosululloh yang diberi pelajaran oleh malikat Jibril lewat Surat Al-‘Alaq: 1-5.

Demikian juga firman Alloh Ta’ala lewat QS-An-Nahl (16):78 yang artinya:

Dan Alloh mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati.

Tentu dengan pendengaran, penglihatan dan hati itulah kita dituntut untuk memperoleh pengetahuan atau ilmu. Maka terpatahkanlah idiom manusia yang menyatakan: Aduh, saya sudah terlanjur tua. Biarlah yang muda-muda saja yang belajar. Satu idiom yang salah besar dan tak sepatutnya kita tiru.

Demikian juga karakter seorang wonderful wife, pastilah dia akan menjadi seorang pecinta ilmu sejati. Bagaimana dia bisa mendidik anak dengan baik jika tak dibekali dengan ilmu agama dan ilmu dunia yang baik. Sebab dengan pengetahuan dan ilmu itulah menjadi bekal untuk mengarahkan dan mendidik anak, keluarga dan masyarakatnya.

Mengimplementasikan 3 Karakter Wonderful Wife dalam Kehidupan

Tidakkah Alloh Ta’ala mengisahkan dalam Al-Qur’an tentang kemuliaan kelurga Imron yang telah melahirkan seorang Maryam. Perempuan pilihan Alloh yang melahirkan Nabi Isa alayhissalam. Dalam QS Ali-Imron (3):35-36 yang artinya:

“Ingatlah, ketika isteri ‘Imron berkata: “Ya Robbku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Maka tatkala isteri ‘Imron melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Robbku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Alloh lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk”.

Subhanalloh contoh seorang isteri solihah yang sangat komplit. Keimanannya lah yang menghibur sang suami untuk mensyukuri kelahiran bayi perempuan. Meski pada saat itu, melahirkan bayi perempuan adalah satu ‘aib bagi sebuah keluarga Arab. Tak mungkin seorang isteri yang baik dan berilmu dapat melantunkan doa seindah itu.

Oleh karenanya mengimplementasikan 3 karakter isteri yang baik bak mengalirnya air sungai menuju laut lepas. Iman, ilmu dan kecintaan terhadap suami (keluarga) merupakan satu paket yang tak dapat dipisahkan. Seorang isteri beriman pastilah pecinta suami dan ilmu. Seorang isteri pecinta suami dan pecinta ilmu tentu akan kering kehidupan rumah tangganya jika tak didasari iman.

Air sungai ibarat iman (mencintai Alloh). Sedangkan suami/keluarga ibarat hewan (ikan dan sebangsanya) yang hidup di sungai tersebut. Ilmu adalah ibarat pasir, lumpur dan bebatuan yang mengirinnya. Jadi tak mungkin sungai sampai ke laut lepas jika tak ada airnya. Demikian juga ikan dan sebangsanya tak akan mampu hidup jika tak ada air.

Jadi bentuklah karakter keluarga dengan 3 karakter isteri yang baik, wahai para (calon) isteri. Jika kau belum sanggup, belajarlah dan terus belajar. Sampai ajal yang memutuskan ikhtiyar kita untuk belajar. Insyaalloh Alloh Ta’ala akan memberikan kebaikan dan keberkaha dalam hidupmu.

Alhamdulillah, saat ini saya dikarunia seorang isteri yang luar biasa. Insyaalloh gambaran 3 karakter isteri solihah itu menyertainya. Sehingga mampu mengantarkan anak-anak kami menjadi pecinta Al-Qur’an. Mendampingi dan mendampingi saya sebagai suami dalam kondisi duka dan suka. Semoga Alloh Ta’ala selalu menjaga tali iman kami. Selalu berikan kebaikan dan keberkahan hidup dalam berumah tangga. Aamiin.

[ARTIKEL  INI  DISERTAKAN DALAM  GA  “WONDERFUL WIFE”  By Ida Nur Laila.]

Saran untuk Blog Sohibul Kontes

Coba untuk mengganti theme Blogspot yang lebih sejuk dipandang. Background warna biru langit dengan tulisan yang agak redup (kurang kontras) membuat mata cepat lelah untuk membaca. Tulisan yang muncul mungkin hal itu disebabkan efek bawaan theme blogspot.

Alternatif lain adalah dengan mengubah warna font artikel dengan warna hitam tebal (bold) setiap menulis artikel. Butuh waktu lebih lama memang untuk menyetting font. Atau memilih warna kontras sehingga tulisan lebih nyaman untuk dibaca.

Demikian masukan saya. Semoga berkenan. Matur nuwun.

Iklan

25 thoughts on “Isteriku dan 3 Karakter Wonderful Wife

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s