Menulislah! Agar Hidup Menjadi Lebih Hidup


pantai boom2

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” — Pramoedya Ananta Toer —

Seringkali dalam hidup, kita banyak menghadapi masalah. Baik masalah yang sederhana maupun yang rumit. Ada kalanya masalah yang ringan bagi seseorang, terasa berat bagi yang lain. Begitu juga sebaliknya. Masalah itulah ujian hidup kita. Menjadikan kita dewasa atau malah menjadi pecundang.

Jika jadi pecundang…jangan ah! Kata Pak SBY nih, hidup adalah pilihan. C’est la vie, begitu kata orang Perancis. Berani hidup, berani terima tantangan. Nggak berani hidup? Jangan bunuh diri ah! Alloh sangat membenci perbuatan itu. Masak sudah celaka di dunia, di akhirat malah lebih parah.

Dus, jauhkan pikiran dan diri dari putus asa. Coba gali apa saja potensi yang kita bisa. Bayangkan bahwa berapa puluh tahun kita sekolah. Berapa ratus, bahkan ribu buku yang sudah kita baca. Menulis, sudah berapa juta kata yang telah kita rangkai. Lupa? Masak ah…

Inilah sebenarnya potensi alami yang kita sudah punya. Namun seringkali kita malah melupakannya. Tidakkah dengan menulis apa saja bisa kita ungkap. Suka, duka, sedih, senang, tawa, marah serta perasaan bermacam bisa kita torehkan. Tak ada batas ruang dan waktu untuk merangkai kata. Menautkan kalimat demi kalimat yang orang lain tak harus tahu.

Menulis itu mudah bukan? Sudah menjadi kepribadian kita. Karena telah membentuk diri kita sejak kanak-kanak. Oleh karena itu jangan pernah patah semangat. Selama kita mampu menulis. Di situlah harapan masih terus mengalir.

Teruslah menulis. Cintai hidup kamu dengan menulis. Sebab dengan menulis akan membuat hidup kita semakin hidup.

[Artikel untuk GA Menulis Alasan Untuk Hidup.]

Iklan

8 thoughts on “Menulislah! Agar Hidup Menjadi Lebih Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s