‘Sepeda Gunung’ Made in Bromo


Gelegkan, 'sepeda gunung' khas masyarakat lereng Bromo. (Foto koleksi pribadi)
Gelegkan, ‘sepeda gunung’ khas masyarakat lereng Bromo. (Foto koleksi pribadi)

Membayangkan sebuah prototipe sepeda gunung, tentu pikiran kita akan melayang pada sebuah bentuk sepeda onthel canggih yang biasa berseliweran di jalan. Sepeda itu juga biasa digunakan untuk ‘sambang gunung’ atau cross country.

Tapi tahukah sahabat, bahwa ada sebuah ‘sepeda gunung’ hasil rakitan yang luar biasa dari anak gunung. Kreatif, inovatif dan berdaya guna tinggi yang berhasil diciptakan secara smart sesuai dengan kebutuhan oleh ‘anak gunung’ lereng Gunung Bromo Pasuruan. Gelegkan, demikian masyarakat lereng Gunung Bromo biasa menyebutnya.

Tidak gaul sama sekali. Kata siapa?  Menurut saya sih, untuk para pencari rumput di lereng Gunung Bromo, gelegkan ini sangatlah gaul. Sehingga saya pun penasaran untuk mencobanya. Meski akibat yang ditimbulkan adalah… babak belur.

Ya, dengan jarak tak lebih dari 100 meter dengan melewati 2 kali tikungan, saya hampir masuk jurang sekali. Ditambah lagi terguling 1 kali dan keluar jalur 2 kali seperti gambar di atas. Meski tanpa muatan (rumput) yang bobotnya bisa 15-20 kg. sekali angkut (bandingkan kalau dibonceng motor maksimal 4-6 k.g saja), ternyata susah juga untuk mengendalikannya.

Begitu smart (baca: cerdas) masyarakat lereng Bromo. Menciptakan ‘sepeda gunung’ yang jauh dari kesan mewah tapi tetap menarik dan berfungsi tinggi. Gelegkan ini kebetulan saya jumpai di desa Puspo saat menuju kawah Bromo dari arah Pasrepan – Mejayan Pasuruan.

Jadi, tak ada salahnya jika sahabat belajar  ‘mengendalikannya’ jika bepergian ke Gunung Bromo. Selamat mencoba…

Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel” ]

banner lomba emakgaoel

Iklan

6 thoughts on “‘Sepeda Gunung’ Made in Bromo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s