Inspirasi: untuk Sebuah Semangat


  abi kig2

Pagi, 11/11, tanah basah dan suasana masih sunyi saat saya menginjakkan kaki di halaman SDN Sukomulyo 1 Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Hanya nampak beberapa siswa saja yang sudah hadir dan nampak bercengkerama. Saat coba menengok ruang guru, masih sepi. Kemudian beringsut saya pada ruangan di sebelah utara ruang guru. Sudah ada aktivitas di situ.
Ya, karena saya datang masih terlalu pagi, pukul 06.20 Wib. Sebagaimana sms yang saya peroleh dari Panitia Kelas Inspiras Gresik, bahwa kami harus berkumpul pukul 06.30 Wib. Maka sebagaimana kebiasaan saya, mengawali 5-10 menit sebelum jadual yang ditentukan.

Sambil menunggu waktu, saya sempatkan bercengkerama dengan siswa yang bergerombol di depan satu ruang kelas. Kelas II ternyata. Sementara siswa yang sudah melakukan aktivitas pembelajaran adalah siswa kelas VI. Mereka membuka hari dengan berangkat lebih awal. Sebab ada pelajaran tambahan yang diberikan mulai pukul 06.00 Wib.

Beberapa saat kemudian, nampak seorang guru perempuan mendekati kami. Segera kami menyongsong beliau dan memperkenalkan diri. Bu Kus, demikian beliau biasa dipanggil. Sudah 21 tahun mengabdikan diri sebagai guru SD. Berasal dari Mojokerto, sama dengan asal daerah saya. Maka mengalirlah cerita diantara kami berdua.
Terutama bagaimana kondisi SD Sukomulyo 1 saat ini. Dengan masalah komplek khas SD Negeri perkotaan yang berdekatan dengan kampung urban. Cerita tentang dinamika latar belakang siswa dan pengalaman beliau dalam membimbing siswanya.
Hal inilah nanti yang cukup memberi manfaat sekaligus bekal cespleng saat saya berada di kelas. Masyaalloh, sempat geleng-geleng kepala saat menyimak cerita beliau. Bagaimana mayoritas siswa yang memiliki latar belakang sosial ‘kurang beruntung’. Sehingga cukup mempengaruhi sikap mereka saat berada di sekolah. Menjadi bahan ‘uji nyali’ bagi para guru untuk mengasah kapabilitas dan profesionalisme mereka.
Waktu menunjukkan pukul 06.45 Wib, Mbak Nurul selaku Ketua Panitia dari Kelas Inspirasi Gresik hadir. Saya sendiri adalah sebagai bertindak sebagai sukarelawan profesional yang berperan sebagai guru inspirasi bagi siswa di sekolah tersebut.
Singkat cerita, kami berembug untuk briefing pelaksaan kegiatan Kelas Inpirasi. Berita kurang menggembirakan kami terima, ternyata saya harus bertugas sendiri sebagai guru inspirasi. Seharusnya ada 3 orang yang telah dijadualkan untuk ditempatkan di SDN Sukomulyo 1. Tapi itu bukan menjadi masalah bagi saya. Sebab saya sudah menyiapkan diri untuk mengikuti skenario yang telah ditentuka panitia.
Sebagaimana biasanya pada hari Senin, kami pun dipersilahkan untuk mengikuti upacara bendera oleh Bu Hani, selaku Kepala Sekolah SDN Sukomulyo 1. Beliau juga merangkap sebagai Kepala Sekolah SDN Sukomulyo 2. Bersegera kami menempatkan diri menyesuaikan dengan arahan beliau.
Tepat pukul 07.00 Wib, upacara bedera dimulai. Pak Salim, menjalankan tugas sebagai pembina upacara. Sekitar 30 menit upacara berlangsung dengan hikmat. Meski di sana-sini ada beberapa kejadian lucu yang dialami oleh petugas upacara. Kemudian yang saya tahu, mereka berlatih sebagai petugas upacara bendera baru 2 minggu. Maka wajar jika masih ditemukan beberapa kelucuan itu. Sebagai misal petugas upacara yang masih maju jalan dengan posisi kaki kiri disertai tangan kiri yang ikut maju. Sehingga nampak seperti robot.
Sekali lagi, hal itu tidaklah mengurangi hikmatnya sebuah upacara bendera. Apalagi pada saat mengibarkan bendera Merah Putih dengan iringan lagu Indonesia Raya. Tak terasa bulir-bulir bening ini luruh menapaki pipi yang menjadi sembab. Entah sudah berapa tahun saya tidak sempat menikmati suasana seperti ini.
Paling tidak, hari ini sudah saya awali dengan semangat. Semangat untuk berbagi pengalaman dengan siswa yang sudah menunggu kehadiran kami. Sebagaimana disampaikan pada saat pengumuman, bahwa kehadiran kami sudah dikabarkan seminggu sebelumnya. Belajar bersama, berbagi ilmu dan pengalaman bersama Kelas Inpirasi Gresik.  (Bersambung)
 
2 thoughts on “Inspirasi: untuk Sebuah Semangat

Tinggalkan Balasan

