Proyek Monumental 2014: Terbitkan Buku Setiap Bulan.


Tulisan ini sebenarnya merupakan draf yang sudah saya siapkan sejak dua mingguan yang lalu. Akan saya posting pada blog yang baru saya temukan juga minggu kemarin. Setelah setahun lalu iseng-iseng coba mau menulis. Mencoba konsen untuk belajar membuat sebuah blog yang bermutu. Namun karena padatnya jadual di kantor, sampai lupa e-mail, password, bahkan nama blognya. Hi….hi…hi…. Opo tumon? Berhubung yang namanya sahabat blogger enjoy bernamanya Abdul Cholik,  biasanya saya panggil Pakdhe, mengadakan kontes yang temanya pas, langsung saja saya ikutkan. Monggo disimak tulisan saya yang moga berkenan di hati sahabat semua.

abi cover buku

Berawal dapat hadiah hiburan  #30HariNonStopNgeblog dari Blogdetik dan DBlogger Community. Disusul hadiah voucher menginap semalam dari Hotel Grand Aston Yogyakarta. Lalu mendapatkan berita cerpen saya menjadi karya yang ikut dibukukan di Meta Kata. Tidak berhenti sampai di situ, hadiah GA dari Mbak Noorma dan kuisnya Pakdhe Cholik yang dikirim tepat waktu. Tentu saja hati saya menjadi berbunga-bunga. Seperti Taman Bungkul yang sekarang indah dan penuh pesona. Blog saya usianya baru 2 bulan, tapi sudah membawa banyak berkah.

Ada satu kejadian di suatu sore yang membuat saya tercenung. Senang, sedih, penasaran, sedikit heran campur aduk jadi satu. Tentu sahabat bertanya, ada apakah gerangan?

2013 pakdhe

Buku hadiah kuis dari Pakdhe Cholik lah penyebabnya. Dalam hati aku berkata,”Kalau beliau bisa, mengapa aku tidak?”

Indonesia dari Balik Jendelaku – 30 Catatan Paling Berbahaya, sebuah buku yang penuh gairah. Ada perasaan ‘manyun’ saat melahap lembar demi lembar tulisan yang ada. Disampaikan dengan cara yang lugas, penuh ide, sesekali ‘nyeneni’ (marah yang membangun) khas seorang bapak dan kadang nyleneh. Nyleneh, karena generasi sekarang jarang sekali melihat kejadian-kejadian yang seperti dituturkan Pakdhe Cholik. Pantas kalau menjadi satu diantara 2 pemenang utama kontes #30HariNonStopNgeblog. Hikss…jadi ngiri.

Alhamdulillah, buku itu nyampai juga di tanganku. Setelah beberapa minggu diiming-imingi lewat status beliau di grup FB. Ada niat pesan dan beli sebenarnya. Tapi kutangguhkan dulu. Saya pikir kalau diizinkan, sekalian mampir ke rumah beliau. Langsung beli pada penulisnya dan dapatkan tanda-tangan di bukunya. Sebab hampir seminggu 2 kali, saya lewati gerbang perumahan beliau. Maaf Pakdhe, buku itu besok tetap saya bawa ke rumah Pakdhe Cholik untuk saya mintakan tanda-tanggannya. Nekat.

Seorang pensiunan jenderal bintang satu menjadi blogger. Usia yang dikatakan tak lagi sedikit. Maaf lagi Pakdhe Cholik, usianya sudah banyak kan? He…he…he… Beda-beda tipis saja dengan saya. Baru sekarang saya jumpai. Ini asli, bukan rekayasa. Saya baru menemukan sosok seorang Abdul Cholik yang usianya di atas 60 tahun, namun begitu ‘gila nulis’. Hampir tiap hari artikel dimunculkan pada blog beliau yang bertebaran di dumay (dunia maya). Fenomenal dan eksentrik.

Inilah yang menggugah saya untuk segera bangun. Menyadari diri bahwa saya juga dapat melakukannya. Toh pekerjaan saya setiap hari tak jauh-jauh dari mengajar dan menulis. Maka dengan semangat ’45 segera disusun untuk mewujudkannya. Saya awali di tahun 2013 ini, insyaalloh 31 naskah saya dalam #30HariNonStopNgeblog akan saya luncurkan. Nopember jadi pilihan bulan yang tepat. Di bulan ini, saya, dan dua orang puteri saya dilahirkan di dunia. Hadiah bagi penanda kebangkitan seorang Nuzulul Arifin di dunia tulis menulis. Insyaalloh Bulan Desember berikutnya sebuah novel akan saya terbitkan. Tulisan yang sudah saya buat sekitar 20 tahun lalu sebenarnya. Namun karena kondisi zaman yang sudah jauh berbeda, saya edit lagi menyesuaikan dengan kondisi kekinian.

nafi-1

2013, 2 bulan dengan 2 buku. Tidak pernah mimpi sebelumnya. Lalu? Lalu akan saya buat mimpi-mimpi baru yang lebih fonumenal di tahun 2014. Saya harus bisa terbitkan sebuah buku tiap bulan. Kalau di tahun 2013 bisa terbitkan 2 buku pada penghujung tahun, mengapa tidak di tahun 2014? Saya bisa lebih gila dibandingkan Pakdhe Cholik…! (Memasang ekspresi muka garang. Mulut menyeringai lebar. Tangan kukuh diacungkan dan dikepalkan. Dada tegap dan tubuh meregang ekspresif. Tapi sayang, ada satu yang kurang sepertinya. Lha kok kepalaku gundul?)

Tekad yang sederhana. Terinspirasi oleh karya sosok yang sederhana dan kebapakan. Humoris tapi tak sembarangan. Aneh tapi ora wagu. Aneh tapi tidak membuat aneh. Pakdhe, buku sampul merahmu telah memerahkan hatiku. Cover depanmu telah membakar nyali arek Suroboyo ini. 

[Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan: Proyek Monumental Tahun 2014]

39 thoughts on “Proyek Monumental 2014: Terbitkan Buku Setiap Bulan.

Tinggalkan Balasan

